SMA Alfa Centauri Study Banding ke SMA Bakti Mulya 400 & SMA Labschool Kebayoran

images

Kamis, 26 Oktober 2023 SMA Alfa Centauri mengadakan kunjungan atau study banding ke dua sekolah terbaik di Jakarta. Selain untuk bersilaturahmi, kunjungan ini bertujuan untuk terus menimba ilmu dari sesama Lembaga Pendidikan demi berkembangnya program-program yang saat ini sudah berjalan ataupun baru akan dijalankan di SMA Alfa Centauri.

Tujuan awal saat datang ke Jakarta adalah SMA Bakti Mulya 400 yang terletak di daerah Kebayoran  Lama. Sekolah yang berdiri sejak tahun 1983 ini, terasa begitu hangat karena ternyata pendiri-pendirinya merupakan orang-orang hebat yang pernah bekerja Bersama Alm. Sony Sugema, MBA. Mereka menyampaikan bahwa banyak ilmu-ilmu pengajaran yang mereka dapat saat mengajar di SSC lalu diterapkan di SMA Bakti Mulya 400, dan alhamdulillah berjalan dengan sukses.

 

SMA Bakti Mulya memiliki tiga kurikulum yang dijalankan secara sinergis, yaitu kurikulum Nasional, Cambridge, dan SKS. Hal inilah yang menarik kami untuk datang dan mempelari implementasinya di sekolah. Kurikulum Cambridge di SMA Bakti Mulya 400 dimulai pada tahun 2018 dan menurut Kepala Sekolah, Bpk. Andi Gunawan, kini Cambridge menjadi program unggulan yang paling banyak dipilih karena atmosfer belajar yang lebih mendukung siswa berprestasi.

Selain Bakti Mulya, sekolah unggulan lainnya yang menjadi tujuan study banding kali ini adalah SMA Labschool Kebayoran. Kedatangan SMA Alfa Centauri disambut oleh para wakil kepala sekolah yang saat itu bertugas, yaitu Bpk. Doni, Ibu Murti dan Bpk. Tanto. Sekolah yang terkenal dengan prestasi akademik maupun non akademiknya ini, memiliki beberapa kemiripan dengan SMA Alfa Centauri, diantara adalah padatnya program kesiswaan dan kurikulum yang harus dijalani siswa. Program-program sama yang telah dijalankan, diantaranya adalah program pengabdian pada Masyarakat dan Pendidikan kedisiplinan siswa.

 

Labschool Kebayoran yang akrab disebut Labsky ini berdiri di bawah Yayasan UNJ dan memiliki sekolah saudara, yaitu SMA Labschool Rawamangun. Berbekal ketekunan dan konsisten dalam menjalankan setiap program unggunalannya, membawa SMA Labsky mendapat prestasi tidak hanya di Jakarta, namun juga skala Nasional, bahkan Internasional. 

Secara keseluruhan, kegiatan study banding ini berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti. Kedatangan SMA Alfa Centauri di sekolah tujuan, disambut baik dan diakhiri dengan ramah tamah serta makan bersama. Semoga kegiatan sejenis lebih sering diselenggarakan agar-program di SMA Alfa Centauri dapat berkembang lebih baik lagi sehingga dapat melahirkan siswa/i yang taqwa, cerdas, kreatif serta memiliki karakter yang baik, aamiin.

Penulis: Admin
2023-10-29 22:26:07